Informasi Mengenai Aturan KITAS di Indonesia

Bagi warga negara asing yang hendak menetap di Indonesia dalam jangka waktu tertentu, memiliki KITAS merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Sebab tanpa dokumen tersebut, warga negara asing akan dianggap sebagai penduduk legal dan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan oleh negara.

KITAS di Indonesia dan Aturannya



Bagi yang belum mengetahui, KITAS merupakan kartu izin untuk tinggal secara terbatas di Indonesia. penggunaan dokumen ini dapat Anda temukan dalam peraturan Pemerintah mengenai Kemigrasian. 

Untuk Anda yang hendak membuat kartu izin tersebut dalam waktu dekat, berikut merupakan beberapa informasi yang sebaiknya Anda ketahui.

Orang yang Diharuskan Memiliki

Kartu izin ini harus dimiliki oleh orang asing yang memiliki visa terbatas di Indonesia dan hendak menetap dalam rentang waktu tertentu. Anak yang lahir di wilayah Indonesia dengan salah satu orang tua pemegang dokumen ini juga diharuskan untuk memilikinya. Dengan begitu, proses pendataan akan lebih mudah untuk dilakukan oleh pihak imigrasi.

Warga negara asing yang hendak bekerja di wilayah yuridiksi Indonesia, baik sebagai tenaga ahli maupun awak kapal juga diharuskan memiliki izin tinggal terbatas. Demikian juga untuk warga negara asing yang menikah dengan warga lokal, ia diwajibkan untuk memiliki izin tinggal maupun izin tetap, sesuai dengan lamanya ia hendak tinggal di Indonesia.

Proses Pembuatan

Untuk membuat KITAS Anda harus datang ke kantor imigrasi di kota Anda, sebab pemberian, pembatalan surat izin tinggal sementara, hingga perpanjangan dokumen tersebut dilakukan oleh Menteri Hukum dan HAM, ataupun pejabat yang ditunjuk sebagai perwakilan.

Proses pembuatan dokumen ini umumnya tidak lebih dari satu minggu waktu kerja, berkisar antar 4-5 hari tergantung kesibukan kantor imigran di kota Anda. Sekarang ini proses pendaftaran kartu izin sementara bisa dilakukan secara daring, sehingga antrian yang Anda lakukan menjadi lebih singkat. Akan tetapi, Anda tetap diharuskan datang ke kantor untuk melakukan verifikasi data.

Syarat untuk Mengajukan KITAS

Apabila Anda hendak mengajukan dokumen ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, yakni surat penjamin dari pihak penjamin Anda, paspor yang masih berlaku dan sah sesuai dengan aturan hukum, surat keterangan domisili dimana Anda tinggal, serta surat rekomendasi dari lembaga atau instansi tempat Anda belajar maupun bekerja.

Ketika hendak mengajukan KITAS, Anda harus melakukannya dalam kurun waktu 30 hari sejak masuk ke wilayah yuridiksi Indonesia. Apabila Anda melewati rentang waktu yang telah ditetapkan tersebut, terdapat biaya tambahan yang harus Anda bayarkan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan undang-undang.

Aturan KITAS

Jangka waktu penggunaan dokumen ini adalah dua tahun, dan dapat Anda perpanjang setelahnya sesuai dengan kebutuhan. Perpanjangan yang dilakukan diberikan sesuai dengan ketentuan tinggal yang tercangkup dalam kartu izin tersebut, yakni selama 6 tahun. Jika lebih, maka warga asing harus membuat KITAP sebagai izin tinggal permanen.

Pembuatan dokumen tersebut tentu sulit bagi warga negara asing yang belum mengerti benar sistem aturan di Indonesia. Apalagi untuk mereka yang juga tidak lancar berbahasa Indonesia. Untuk memudahkan Anda, terdapat jasa bantuan untuk pembuatan dokumen ini di permitindo.com.

Demikianlah informasi singkat mengenai aturan KITAS yang ada di Indonesia. Dengan memahami informasi tersebut, semoga Anda lebih mudah memahami teknis pembuatan dokumen tersebut sehingga urusan Anda makin mudah di wilayah yuridiksi Indonesia.

COMMENTS

Name

Anyfish,1,Betok,1,Captain,2,Daido,2,Daiwa,2,Fugu,1,Info,11,Jigging,4,Kamikaze,1,Kenzi,3,Kyoto,2,Maguro,2,NEXT,1,Penn,3,Pflueger,1,Pioneer,4,Reel,18,sehatq,1,Shimano,1,Spinning,8,Stick,8,Tips,2,Zenith,1,
ltr
item
Sungai Danau: Informasi Mengenai Aturan KITAS di Indonesia
Informasi Mengenai Aturan KITAS di Indonesia
KITAS merupakan kartu izin untuk tinggal secara terbatas di Indonesia. penggunaan dokumen ini dapat Anda temukan dalam peraturan Pemerintah mengenai
https://1.bp.blogspot.com/-qhz0QXBsfuM/X5oLRwow3_I/AAAAAAAADm8/HfNgBtiUDlc9wob50G7hmOaYjE_xWQohQCLcBGAsYHQ/w400-h266/lt5aa26b7445773.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qhz0QXBsfuM/X5oLRwow3_I/AAAAAAAADm8/HfNgBtiUDlc9wob50G7hmOaYjE_xWQohQCLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h266/lt5aa26b7445773.jpg
Sungai Danau
https://www.sungaidanau.com/2020/10/informasi-mengenai-aturan-kitas-di.html
https://www.sungaidanau.com/
https://www.sungaidanau.com/
https://www.sungaidanau.com/2020/10/informasi-mengenai-aturan-kitas-di.html
true
2413039360277383460
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content